Rabu, 02 November 2011

03.56 - No comments

Askep komunitas


LAPORAN PENDAHULUAN

TEORI TENTANG PROSES PENUAAN

1.    Pengertian lanjut Usia
Proses menua merupakan suatu yang fisiologis, yang akan dialami oleh setiap orang. Batasan orang dikatakan lanjut usia berdasarkan UU No 13  tahun 1998 adalah 60 tahun.
2.Teori tentang Proses menua
            Teori Biologik
  1. Teori Genetik dan Mutasi
Menua terjadi sebagai akibat dari perubahan biokimia yang diprogram  oleh molekul /DNA dan setiap sel pada saatnya akan mengalami mutasi
  1. Pemakaian dan Rusak

Kelebihan usaha dan stres menyebabkan sel-sel tubuh lelah

  1. Autoimune
Pada proses metabolisme tubuh , suatu saat diproduksi suatu zat khusus. Sad jaringan tubuh tertentu yang tidak tahan  terhadap zat tersebut sehingga jaringan tubuh menjadi lemah dan mati.
  1. teori stres
Menua terjadi akibat hilangnya sel-sel yang biasa digunakan. Regenerasi jaringan tidak dapat mempertahankan kestabilan  lingkungan internal dan stres menyebabkan sel-sel tubuh lelah  dipakai.
  1. Teori radikal bebas
Tidak stabilnya redikal bebas mengakibatkan oksidasi-oksidasi bahan bahan organik seperti karbohidrat dan protein . radikal ini menyebabkan sel-sel tidak dapat regenerasi.
2.2. Teori Sosial
a.       Teori ktifitas
Lanjut usuia yang sukses adalah mereka yang aktif dan ikut banyak dalam kegiatan sosial
b.      Teori Pembebasan
Dengan bertambahnya usia, seseorang secara berangsur angsur mulai melepaskan diri dari kehidupan  sosialnya. Keadaan ini mengakibatkan interaksi sosial lanjut usia menurun, baik secara kwalitas maupun kwantitas. Sehingga terjadi kehilangan ganda yakni :
a)      Kehilangan peran
b)      Hambatan kontrol sosial
c)      Berkurangnya komitmen
c.       Teori Kesinambungan
Teori ini mengemukakan adanya kesinambungan dalam siklus kehidupan lansia. Dengan demikian pengalaman hidup seseorang pada usatu saat merupakan gambarannya kelak pada saat ini menjadi lansia.
Pokok-pokok dari teori kesinambungan adalah :
a)      lansia tak disarankan untuk melepaskan peran atau harus aktif dalam proses penuaan, akan tetapi didasarkan pada pengalamannya di masa lalu, dipilih peran apa yang harus dipertahankan atau dihilangkan 
b)      Peran lansia yang hilang tak perlu diganti
c)      Lansia dimungkinkan untuk memilih berbagai cara adaptasi
2.3  Teori Psikologi
a.         Teori Kebutuhan manusia mneurut Hirarki Maslow
       Menurut teori ini, setiap individu memiliki hirarki dari dalam diri, kebutuhan yang memotivasi seluruh perilaku manusia (Maslow 11111954). Kebutuhan ini memiliki urutan prioritas yang berbeda. Ketika kebutuhan dasar manusia sidah terpenuhi, mereka berusaha menemukannya pada tingkat selanjutnya sampai urutan yang paling tinggi dari kebutuhan tersebut tercapai.
b.                                          Teori individual jung
Carl Jung (1960) Menyusun sebuah terori perkembangan kepribadian dari seluruh fase kehidupan yaitu mulai dari masa kanak-kanak , masa muda dan masa dewasa muda, usia pertengahan sampai lansia. Kepribadian individu terdiri dari Ego, ketidaksadaran sesorang dan ketidaksadaran bersama. Menurut teori ini kepribadian digambarkan terhadap dunia luar  atau ke arah subyektif. Pengalaman-pengalaman dari dalam diri (introvert). Keseimbangan antara kekuatan ini dapat dilihat pada setiap individu, dan merupakan hal yang paling penting bagi kesehatan mental

3.    Perubahan Perubahan Yang Terjadi Pada Lansia
3.1. Perubahan fisik
a.       Sel : jumlahnya lebih sedikit tetapi ukurannya lebih besar, berkurangnya cairan intra dan extra seluler
b.       Persarafan : cepatnya menurun hubungan persarapan, lambat dalam respon waktu untuk meraksi, mengecilnya saraf panca indra  sistem pendengaran, presbiakusis, atrofi membran  timpani, terjadinya pengumpulan serum karena meningkatnya keratin
c.       Sistem penglihatan : spnkter pupil timbul sklerosis  dan hlangnya respon terhadap sinaps, kornea lebih berbentuk speris, lensa keruh, meningkatny ambang pengamatan sinar, hilangnya daya akomodasi, menurunnya lapang pandang.
d.      Sistem Kardivaskuler. : katup jantung menebal dan menjadi kaku , kemampuan jantung memompa darah menurun 1 % setiap tahun setelah berumur 20 tahun sehingga menyebabkanmenurunnya kontraksi dan volume, kehilangan elastisitas pembuluh darah, tekanan darah meningg.
e.       Sistem respirasi : otot-otot pernafasan menjadi kaku sehingga menyebabkan menurunnya aktifitas silia. Paru kehilangan elastisitasnya sehingga kapasitas residu meingkat, nafas berat. Kedalaman pernafasan menurun.
f.        Sistem gastrointestinal : kehilangan gigi,sehingga menyebkan gizi buruk , indera pengecap menurun krena adanya iritasi selaput lendir dan atropi indera pengecap sampai 80 %, kemudian hilangnya sensitifitas saraf pengecap untuk rasa manis dan asin
g.       Sistem genitourinaria : ginjal mengecil dan nefron menjadi atrofi sehingga aliran darah ke ginjal menurun sampai 50 %, GFR menurun sampai 50 %. Nilai ambang ginjal terhadap glukosa menjadi meningkat. Vesika urinaria, otot-ototnya menjadi melemah, kapasitasnya menurun sampai 200 cc sehingga vesika urinaria sulit diturunkan pada pria lansia yang akan berakibat retensia urine. Pembesaran prostat, 75 % doalami oleh pria diatas 55 tahun. Pada vulva terjadi atropi sedang vagina terjadi selaput lendir kering, elastisitas jaringan menurun, sekresi berkurang  dan menjadi alkali.
h.       Sistem endokrin : pada sistem endokrin hampir semua produksi hormon menurun, sedangkan fungsi paratiroid dan sekresinya tidak berubah, aktifitas tiroid menurun sehingga menurunkan basal metabolisme rate (BMR). Porduksi sel kelamin menurun seperti : progesteron, estrogen dan testosteron.
i.         Sistem integumen : pada kulit menjadi keriput akibat kehilangan  jaringan lemak, kulit kepala dan rambut menuipis menjadi kelabu, sedangkan rambut dalam telinga dan hidung menebal. Kuku menjadi keras dan rapuh.
j.         Sistem muskuloskeletal : tulang kehilangan densitasnya dan makin rapuh menjadi kiposis, tinggi badan menjadi berkurang yang disebut discusine vertebralis menipis, tendon mengkerut dan atropi serabut erabit otot , sehingga lansia menjadi lamban  bergerak. otot kam dan tremor.
3.2 Perubahan Mental
faktor-faktyor yang mempengaruhi perubahan mental adalah :
a.       Pertama-tama perubahan fisik, khususnya organ perasa
b.      Kehatan umum
c.       Tingkat pendidikan
d.      Keturunan
e.       Lingkungan
Kenangan (memori) ada 2 :
a.       kenangan jangka panjang, berjam-jam sampai berhari-hari  yang lalu
b.      kenangan jang pendek : 0-10 menit, kenangan buruk
Intelegentia Question :
a.       Tidak berubah dengan informasi  matematika dan perkataan verbal
b.      Berkurangnya penampilan, persepsi dan ketrampilan psikomotor terjadi perubahan pada daya membayangkan, karena tekanan-tekanan dari faktor waktu.
3.3 Perubahan Perubahan Psikososial
a.       Pensiun : nilai seorang dukur oleh produktifitasnya, identits dikaitkan dengan peranan dalam pekerjaan
b.      Merasakan atau sadar akan kematian
c.       Perubahan dalam cara hidup, yaitu memasuki rumah perawatan bergerak lebih sempit.


MASALAH  NUTRISI

1.    Pengertian
Gizi kurangs adalah kekurangan zat gizi baik mikro maupun makro
2.                              Penyebab
a.       Penurunan ataau  kehilangan sensitifitas indra pengecap &penciuman
b.      Penyakit periodental ( terjadi pada 80% lansia) atau kehilangan gigi
c.       Penurunan sekresi asam lambung dan enzim pencernaan
d.      Penurunan mobilitas saluran pencernaan makanan
e.       Penggunaan obat-obatan jangka panjang
f.       Gangguan kemampuan motorik
g.      Kurang bersosialisasi, kesepian
h.      Pendapatan yang menurun (pensiun)
i.         Penyakit infeksi kronis
j.        Penyakit keganasan

3. Patofisiologi
























Pengkajian
A.      Fisiologis/fisik
1.    Stratus gizi
     IMT = Kg BB           normal laki laki = 18 -25
                 (TB)2                        wanita = 17 – 23
2.   Intake cairan dalam 24 jam
3.    Kondisi kulit
4.    Kondisi bibir , mukosamulut, gigi
5.    Riwayat pengobatan, alkhohol, zat adiktif lainnya
6.    Evaluasi kemampuan penglihatan , pendengaran  dan mobilitas
7.    Keluhan yang berhubungan dengan nutrisi : gangguan sistem digestif, nafsu makan, makanan yang disukai dan tidak disukai, rasa dan aroma
8.    Kebiasaan waktu makan ( 2 –3 X sehari, snak dlll)
B. Psikososial/afektif
1.         Kebiasaan saat makan ( makan sendiri, sambil nonton TV,dll)
2.         situasi lingkungan(kapasitas penyediaan makanan, pengolahan dan penyimpanan makanan)
3.         sosiokultural yang berlaku yang mempengaruhi pola nutrisi dan eleminasi
4.         Kondisi depresi yang dapat mengganggu pemenuhan nutrisi
C. Pemeriksaan tambahan/laborat
         Analisa darah : 
Kreatinin  : indekz massa otot
Serum protein khususnya untuk sintesa antibodi dan limfosit, dalam kekebalan seluler, enzym, hormon, struktur sel yang luas, struktur jaringan
Diagnosa Keperawatan
1.      Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan b/d asupan nutrisi yang tidak  adekuat akibat anoreksia
2.      Resiko tinggi infeksi b.d penurunan asupan kalori dan protein
    3.   Kerusakan mobilitas fisik b/d deformitas skleletal,, nyeri, intoleransi aktifitas
4          Nyeri b. d proses inflamasi, destruksi sendi
5.        Resiko cedera (dislokasi sendi) b.d  otot hilang kekuatannya, rasa nyeri sendi

Rencana Asuhan Keperawatan

1. Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan b.d asupan nutris kurang adekuat akibat anoreksia
    Tujuan : Kebutuhan nutrisi terpenuhi secara adekuat
Kriteria :  - Meningkatkan masukan  oral
-                                        Menunjukkan peningkatan BB
      Intervensi :
a.  Buat tujuan BB ideal dan kebutuhan nutrisi harian  yang adekuat
R/  Nutrisi yang adekuat menghindari adanya malnutrisi
c.       Timbang setiap hari , pantau hasil pemeriksaan laborat
R/ Deteksi dini perubahan BB dan masukan nutrisi
d.      Jelaskan pentingnya nutrisi yang adekuat
R/ Dengan pemahaman yang benar akan memotivasi klien untuk masukan nutrinya
e.       Ajarkan individu menggunakan penyedap rasa (seperti bumbu)
R/ aroma yang enak akan membangkitkan selera makan
f.       Beri dorongan individu untuk makan bersama orang lain
R/  Dengan makan bersama sama secara psikologis meningkatakan selera makan
g.      Pertahankan kebersihan mulut yang baik (sikat gigi) sebelum dan sesudah mengunyah makanan
R/ dengan situasi mulut yang bersih meningkatkan kenyamanan .
          i.          Anjurkan makan dengan porsi yang kecil tapi sering
      R/ Mengurangi perasaan tegang pada lambung
j.  Instruksikan individu yang mengalami penurunan nafsu makan untuk :
1 ) Makan-makan kering saat bangun tidur
2)  Hindari makanan yang terlalu manis, berminyak
3)   Minum sedikit-sdikit melalui sedotan
4)   Makan kapan saja bila dapat toleransi
5)   Makan dalam porsi kecil rendah lemak dan makan sering
R/  Meningkatkan asupan makanan
2. Resiko tinggi infeksi b/d penurunan asupan kalori  dan protein
Tujuan : Klien akan memperlihatkan kemampuan terhindar dari tanda-tanda infeksi
Kriteria : tanda-tanda peradangan tidak ditemukan : panas, bengkak, nyeri, merah,gangguan fungsi
Intervensi :
a.       Kaji tanda-tanda radang umum secara teratur
R/ Mendeteksi dini untuk mencegah terjadinya radang
b.      Ajarkan tentang perlunya  menjaga kebersihan diri dan lingkungan
R/ Mencegah terjadinya infeksi akibat lingkungan dan kebersihan diri yang kurang sehat
c.       Tingkatkan kemampuan asupan nutris TKTP
R/ meningkatkan kadar protein dalam dalam tubuh sehingga meningkatkan kemampuan kekbalan dalam tubuh
d.      Perhatikan penggunaan obat-obat jangka panjang yang dapat menyebabkan imunosupresi
R/ Menurunkan resiko terjadinya infeksi 
3.Kerusakan mobilitas fisik  b.d deformitas skeletal, nyeri
Tujuan : klien dapat mobilisasi dengan adekuat
Kriteria : Mendemontrasikan tehnik/perilaku yang memungkinkan melakukan aktifitas
Intervensi :
a.       Evaluasi pemantauan tingkat inflamasi/rasa sakit
R/ tingkat aktifitas tergantung dari perkembangan /resolusi dari proses inflamasi
b.      bantu dengan rentang gerak aktif/pasif
R/ mempertahankan fungsi sendi, kekuatan otot
c.       ubah posisi dengan sering dengan personal cukup
R/ Menhilangkan tekanan pada jaringan dan meningkatkan sirkulasi
d.      Berikan lingkungan yang nyaman misaal alat bantu
R/ menghindari cedera
4.    Nyeri ( akut/kronis) b.d  proses inflamasi, destruksi sendi
Tujuan : Menunjukkan nyeri berkurang/hilang
Kriteria : terlihat rileks , dapat tidur dan berpartisipasi dala aktifitas
Intervensi :
kaji keluhan nyeri, catat lokasi nyeri dan intensitas. Catat faktor yang mempercepat tanda tanda neri
R/ membantu dalam menentukan managemen nyeri
Biarkan klien mengambil posisi yang nyaman  pada waktu istirahat ataupun tidur
R/ Pada penyakit berat tirah baring sangat diperlukan untuk membatasi nyeri
Anjurkan klien mandi air hangat , sediakan waslap untuk kompres sendi
R/ panas meningkatkan relaksasi otot dan mobilitas, menurunkan rasa sakit dan kekakuan sendi.
berikan masase lembut
R/ meningkatkan relaksasi/mengurangi ketegangan otot
kolaborasi pemberian obat-obatan seperti : aspirin, ibuprofen, naproksin, piroksikam, fenoprofen
R/ sebagai anti inflamasi dan efek analgesik ringan dalam mengurangi kekakuan.
 5. Resiko cedera b.d hilangnya kekuatan otot, rasa nyeri
Tujuan : klien terhindar dari cedera
Kriteria : klien berada pada perilaku yang aman dan lingkungan yang nyaman
Intervensi :
a.       kaji tingkat kekuatan otot
   R / mengatur tindakan selanjutnyab
b.. Kaji tingkat pergerakan pasif
c  Beri alat bantu sesui kebutuhan
d. Ciptakan lingkungan yang aman (lantai tidak licin)
e.Bantu klien untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa dilakukan secara mandiri






DAFTAR PUSTAKA

Capernito Lynda juall ( 1998), Buku Saku Diagnosa  Keperawatan  Edisi 6 , Alih Bahasa Yasmin Asih EGC jakarta

C. Long barbara ( 1996) Perawatan Medikal Bedah (Suatu Pendekatan Proses) Unit IV, V, VI Alih bahasa Yayasan Ikatan Alumni Pendidikan Keperawatan Pajajaran Bandung, IAPK Bandung

Donges Marilyn E (2000), Rencana Asuhan Keperawatan edisi 3, Alih bahasa I Made Kariasa, EGC Jakarta

Wahyudi Nugroho ( 2000), Keperawatan Gerontik Edisi 2 , EGC Jakarta

0 komentar:

Poskan Komentar